Kopassus, Pasukan terbaik di dunia

Kemarin saya mengunjungi blog seorang teman yg mengusung tema GNFI (Good News From Indonesia) dan kopassusmenemukan banyak hal-hal baru dan salah satunya, ternyata Kopassus kita masuk 3 besar pasukan elit dunia. Ditengah gencarnya berita buruk yang sering ditayangkan media yang bikin stress, kabar ini bisa dikatakan hawa sejuk, Indonesia tidak hanya kerusuhan, korupsi atau kecelakaan kereta kok….Banyak hal-hal positif yang membanggakan yang datang dari Indonesia.

Karena artikelnya ditulis dalam bahasa Inggris maka saya putuskan untuk me-reposting artikel itu kembali dalam bahasa Indonesia disini. Memang sudah setahun yang lalu, tapi tak ada salahnya untuk disebar ulang… :)

Discovery Channel edisi militer 2008 menyiarkan pasukan elit terbaik dunia. Pasukan-pasukan elit dari seluruh dunia diukur kemampuannya dari performa dan keahliannya (bukan dari teknologi militernya), dimana para ahli dan analis militer dari seluruh dunia diundang untuk memberikan penilaiannya. Berikut adalah 3 teratas:

1.SAS (Inggris)
2.MOSSAD ( Israel)
3.KOPASSUS ( Indonesia)

Mungkin ada yang heran kenapa pasukan elit Amerika tidak termasuk 3 besar. Menurut nara sumber itu dikarenakan mereka sangat bergantung pada peralatan dan perlengkapan militer berteknologi digital. Menurut analis militer lagi, sebuah pasukan elit haruslah memiliki skill individual yang bagus seperti menyerang, bertahan, penyamaran, strategi, ketahanan, gerilya, membuat jebakan, dan lain sebaginya. Dikatakan lagi bahwa satu prajurit Kopassus setara dengan lima orang prajurit biasa.

Fakta tentang Kopassus:
1.Kopassus memenangkan kejuaraan sniper menggunakan senjata buatan Indonesia
2.Kopassus menduduki peringkat ke dua dalam pelaksanaan Strategi Operasi Militer.
3.80% pelatih militer negara-negara di Afrika utara berasal dari Kopassus
4.Pasukan khusus kamboja dilatih sejak lama oleh Kopassus

About these ads

84 thoughts on “Kopassus, Pasukan terbaik di dunia

  1. Luar Biasa Kopasus ,Muda mudahan Engkau Semua Menjadi Pagere Nusa dan Bangsa,karena dulu Kemerdekaan tidak di rebut dengan mudah ,tapi dengan jutaaan jiwa dan darah yg bersimbah di bumi pertiwi,kepadamu kutitipkan negeriku ini ,jagalkah seperti engkau menjaga diri sendiri
    karena engkau yg punya legalitas .

  2. SubuhanaAllah,aku sbgai warga negara yg baik aku sngat bngga akan prstasi prajurit kita. Biar ngra2 lain tdk pndang enteng akan perthanan INDONESIA terutma MALAYSA terus tingktkan ya. . , klo bsa pringkat ke1 deh. ,

  3. sangat disayangkan tatkala anggaran militer indonesi ditingkatkan yang ribut rakyat kita sendiri padahal berapa kerugian negara dari pencurian harta negara oleh negara lain.

  4. saya bangga menjadi warga indonesia
    walau saya gagal dlm bergabung menjadi salah satu personil TNI,baik it TNI AD atau TNI AL,,,,
    Tp saya tetap bangga atas reputasi yg telah d berikan kpd para perajurit kt untuk negara kt yg tercinta ini……………………………………….
    maju terus para tentara negara indonesia,,jng takut pada musuh yang menghadang d dpn,,,kami akan mendoakan mu selalu
    jng takut ama malaysia
    ganyang terus malaysia
    negara maling budaya & wilayah
    klau d pinta oleh negara,,,aku orang yang pertama yg akan menyerang d brisan terdepan bersama pra tentara yang gagah2

    • tak ada yang perlu kita takuti. Hidup damai dan rukun adalah harga mati dan tak akan ada perang dengan sesama saudara. Abaikan berita provokativ. Jadilah orang cerdas, jangan mau disuruh berantem. Saat kita saling ejek dan berkelahi, musuh sesungguhnya berpesta dan menyiapkan strategi lanjutan.

  5. saya sangat bangga pada seluruh angkatan bersenjata republik indonesia terlebih satuan elite kopassus. tapi saya tidak bangga sama POLISI (bahkan saya mengutuk polisi preman berseragam yang menindas rakyat lemah) saya juga TIDAK BANGGA dengan INDONESIA karna nilai/citra sesungguhnya bangsa ini sudah d RUSAK dengan oleh development nya sendiri, saya MENGUTUK smua PETINGGI NEGERI ini yang tidak sejalan dengan sumpah nya sewaktu diangkat. sesungguhnya saya sedih dengan keadaan sekarang bangsa ini. memang sisi positif bangsa ini masih ada NAMUN sisi NEGATIVEnya lebih banyak. perbandingannya 85% banding 15%. saya berharap bangsa ini menjadi bangsa yang kuat, tangguh, berpihak pada rakyat, dan menjadi contoh bagi bangsa” lain di dunia

  6. Saya dari dulu tetap optimis kepada kopasus Indonesia…. akan tetepi Kopasus harus waspaa dengan orang orang yang mencoba membawa TNI ke ranah politik….bisa bisa masyarakat tidak percaya ma kopasus….. saya sebagai anak bangsa bangga dengan negara ini yang mempunyai Kopasus dengan segala keterbatasan mampu menunjukkan kepribadian teknik dan professionalisme dalam bertugas….. Jayalah selalu kopasus ku….amin

  7. Kondisi medan negara kita sebenar ny keras krn letak geografis d daerah tropis, tentara luar lum tentu bisa menembus pertahanan yang diberikan alam untuk negara kita , d tempat itulah tentara kita d latih d gembleng dan d asah utk dpt brtempur dan bertahan hidup…. dri pengalaman pasukan khusus brunai darrusalam mengakui keras ny medan d indonesia padahal itu cuma medan latihan bukan medan tempur sebenarny pa lg amrik yg cma kipas2 krn kepanasan & sibuk cari es cream…. Klu gk prnah mengalami perang keluar masuk hutan ya mang enak ja ngomong…. mang perlu d dopper dlu biar da semangat nasionalis…….

  8. strategi perang skarang bukan lg mengandalkan kekuatan tenaga untuk mematahkan besi atapun menghancurkan balok es seperti yg sering diperagakan oleh pasukan kita, tapi lebih diutamakan teknologi alat tempur. nah bayangkan amrik dengan strategi barunya dengan membombardir dengan rudal dari darat maupun dari pesawat tempur daerah lawan dulu baru menurunkan pasukan setelah pos2 mereka hancur…. :) jd walaupun SDM kita bagus tapi kalau alat tempur udah kuno ga ada harganya dimata lawan… :(

  9. Sebagai anak bangsa , saya bangga dengan kopassus
    kalau ada yg sedikit meremehkan pasukan kita,perlu di kaji nasionalis nya,jangan2 dia provokator yg nempel di bumi persada ini..hidup TNI, hidup kopassus

  10. dasar indonesia, kalangan bawah hidup dengan klenik, kalangan menengah dan atas dimanjakan internet tapi tetep aja ga bisa menyaring mana yang bener, mana yang provokasi, mana yang bohong…..pantas aja kita baru sadar klo ada “devide et impera” setelah 350….

    tak cek ricek dulu beritanya, ini hoax, tak ada yang pernah menyiarkan kopassus sebagai pasukan terbaik termasuk discovery,

    gw pribadi, malu banget kadang, berita hoax disebar2in kemana,sampai ada orang bule juga yang komentar kira-kira

    “indonesian, you live with beautifull lies than horrible truth”…

    trus foto itu…itu bukan koppasus lagi, klo ga salah special forcenya venezuela…lihat aja senjatanya, bukan standar indonesian army yang make jenis SS punya pindad dan MI6 gawean amrik….

  11. menurut saya Indonesia itu hebat sekali lho. Terbukti dari Kopassusnya, perolehan medali-nya di ajang Internasional, bulutangkisnya…wah…gila-gilaan.
    cuma kok kayanya yang jelek itu politik sama hukumnya ya…

  12. Mereka melatih Pasukan khusus dan Anto Teror di seluruh Dunia seperti : Kambodja (Komando angkatan 67), Brunai Darussalam, Korea, Germany, Afrika, Yordania, Thailand, Kongo dll termasuk, Den Bravo AU(PASKHAS), Denjaka AL, Gegana, den 88, Ton Taipur, Raider. Belum ada sejarah Pasukan Amerika, Inggris, Prancis dan Australia yang lulus seleksi Latihan Komando di Kopassus.
    Hanya Kopassus yang berani mengatakan tidak atau menolak Amerika yg ingin berlatih di Kopassus (Kopassus pernah menolak Delta Force dan Reanger yg ingin berlatih Perang Hutan / Gerilya Lawan Gerilya) di Indonesia karena Prajurit Kopassus pernah ditolak untuk berlatih di Amerika.
    Kopassus tidak pernah menyelundupkan Senjata, dipemberitaan yg menyiarkan bahwa ada senjata Galil (Israel)yg ditangkap di Filiphina itu bukan senjata Galil tapi SS1 V1 (Kopassus menggunakan SS2 V1), Varian senjata Pindad maju dimulai dari rancangan Prajurit Komando atau Kopassus diawali dengan SS Komando yg digunakan Brimob, Kavaleri dan Paskhas.
    Saya pribadi merasa Bangga dan Respek kepada satuan ini Amerika Punya berbagai Macam pasukan yg mengadopsi sistem perang yg tidak beraturan, Kopassus juga punya Pasukan yg akan bertempur atau mnenghadapi Perang yg tidak beraturan (Patroli Buru) yaitu Satuan PARAKO yg berada di Grup-2 Solo dan Grup-1 Serang, Pasukan Parako sangat disegani oleh Pasukan di Asia Tenggara mereka fleksibel dan Kenyal mampu bertempur di berbagai medan maupun Operasi medan Khusus (Kopassus sudah mengembangkan sistem perang Baru yaitu Operasi Medan Khusus, membuat yang tidak mungkin menjadi Mungkin menomorduakan tehnilogi)
    Dengan segala kontroversinya mereka yg benar2 mengawal negara ini, mereka tidak segan2 untuk mengambil tindakan apabila negara ini sudah terancam dengan segala resiko baik perorangan maupun kesatuan (contoh mereka berani menolak dekrit presiden Gus Dur)
    Kita harus Bangga dengan mereka mungkin diantara prajurit nya ada yg tetangga, keluarga, ataupun kerabat anda, disaat ini masih ada yg kita bisa banggakan dari prajurit2 hebat di negeri ini

    • saya bangga sama kopasus, hidup kopasus jadilah tentara yang hebat .tunjukan pada dunia bahwa negara kita negara yang kuat

  13. Ping-balik: Kopassus, Pasukan terbaik di dunia « FaChRuL Personal Blog !

  14. masih kalah jago dong sama taliban…coba ente lihat persenjataan mereka sederhana,apa2 serba sederhana tapi mereka mampu kok melawan ratusan ribu pasukan AS…hehehehhe mereka jg berani melakukan bom bnuh diri…saya yakin di antara pasukan militer di dunia ini ga ada yg seperti taliban wkwkwkwkkw

      • menurut saya, tdk bs smudah itu qta mbndingkan dg taliban atau pskn sejenisnya di tanah timur tengah(apalg mrendahkan kopassus).. kemenangan atau kberhasilan pertempuran/peperangan,banyak dilihat dr bnyak hal.. salah satunya dr faktor geografis, terang saja taliban mampu bertahan di afghan, krn memang wilayah mereka.. saya ga yakin sama taliban, akan mampu bertahan jika “diundang” perang di indonesia…

  15. Keren. Salut. Semoga kekuatan militer ini tidak dipakai utk men-zolimi rakyatnya sendiri, baik umat Islam ato umat agama lain. Spt yg dikhawatirkan banyak analis akhir-akhir ini.
    Intelijen dan Militer kudu bekerja untuk rakyat bukan merengguk keuntungan di atas rakyat. Merdeka!

    • betul, kalo keduanya bisa bersinergi ditambah peran aktif masyarakat maka tak ada ruang bagi teroris yg selalu mengatasnamakan agama itu untuk beraksi!

  16. Apa sih yang gak bisa dilakukan orang Indonesia? Lebih dari 50 tahun negeri ini merdeka, tapi itu sebenarnya masa-masa tidur. Sekali saja negeri ini bangun dari tidurnya… hmm… AYO BANGUN!!!!!

  17. wah hebat.., ga disangka-sangka ya pasukan kita ngalahin pasukan elit lain sprti USA, Cina, dan yg lainnya… I love it.
    tukeran link yuk..aku udah tempel link kamu di blog aku.. Nice Post.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s