CARA CEPAT MENGHITUNG ZAKAT HARTA

Membayar Zakat di bulan ramadhan memiliki banyak manfaat berlapis lapis yang anda semua sudah pasti zakatmengetahuinya. Terlampir di bawah ini adalah perhitungan zakat harta yang telah disimpan satu tahun atau lebih. Seluruhnya di nilai dengan menggunakan kalkulasi nilai terakhir sekarang ini. Misalnya tahun lalu harta emas anda 100 gram dengan nilai @ 115.000 dan tahun ini adalah nilai per gram @ 125.000 maka kalkulasi adalah dengan menggunakan nilai terakhir ini.

Zakat arti kata nya adalah SUCI. Berzakat adalah men-suci-kan diri. Memiliki harta yang suci adalah pondasi dari bersihnya amalan ibadah diterima Illahi Rabbi. Tunaikan zakat tersebut segera.

Kalkulasi Zakat Harta:

ZAKAT HARTA YANG TERSIMPAN SATU TAHUN

a. Uang Tunai, Tabungan, Deposito atau sejenisnya
b. Saham atau surat-surat berharga lainnya
c. Real Estate (tidak termasuk rumah tinggal yang dipakai sekarang)
d. Emas, Perak, Permata atau sejenisnya
e. Mobil (lebih dari keperluan pekerjaan anggota keluarga)
f. Jumlah Harta Simpanan (a+b+c+d+e)

JUMLAH ZAKAT YANG WAJIB DIBAYARKAN PER TAHUN (2,5% X f)

note: Jika anda memiliki beban hutang maka perhitungannya sebagai berikut :

g. Hutang Pribadi yg jatuh tempo dalam tahun ini

MAKA JUMLAH ZAKAT YANG WAJIB DIBAYARKAN PER TAHUN (2,5% X (f-g) )

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam

Rumah Yatim Indonesia
http://www.facebook.com/group.php?gid=65224126495

Rek BCA : 20.3888896 a.n. Yayasan BANTU

About these ads

12 thoughts on “CARA CEPAT MENGHITUNG ZAKAT HARTA

  1. masyarakat tepi pantai penghasilan ikan.mereka mencari/usaha dilaut.jadi penghasilan mereka tidak sejajar pendapatan ikan,kadang bulan ini mereka hasilnya banyak,bulan depan tekor.nah,,pertanyaan saya berapakah zakat penghasil ikan yang harus kami keluarkan..

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Om, saya mau nanya tentang zakat profesi. Saya pernah browsing di google bahwa zakat profsi itu masih ada pertentangan. rencananay mau tak keluarin namun berhubung msh pertentangan (dengan dalil: di jaman rasulullah sudah ada pekerjaan profesi dan itu tidak dikenakan pajak sehingga jika dikenakan malah bid’ah). Sebenarnya gimana posisi zakat profesi saat ini biar tidak ada keraguan.
    Pertanyaan kedua, saya mempunyai rumah beserta perabotnya secara bertahap yang dari dulu tidak pernah saya zakati karena memang bingung. Apakah ini semua terkena nishab? Mohon pencerahannya. Termima kasih.

    Wassalam…

    Lukman

    • Untuk diskusi lebih dalam ada baiknya anda gabung di group ‘Rumah Yatim Indonesia’ di facebook. Disana ada orang yg lebih kompeten untuk menjawab pertanyaan anda….
      good luck

  3. Assalamu’alaykum. Zakat adlh ibadah, sehingga hrs mencontoh Nabi shallallahu’alaihi wa sallam pengamalannya, meskipun menurut akal kita bagus, tapi jika tdk ada dalilnya maka tinggalkanlah. Ada beberapa catatan kami:
    Pertama, Mobil (lebih dari keperluan pekerjaan anggota keluarga), real estate, saham atau surat-surat berharga (jika tdk berfungsi seperti mata uang), ketiga hal ini tidak ada kewajiban zakat atasnya, sebab tidak ada dalilnya, kecuali jika diniatkan untuk dijual, maka terkena kewajiban zakat perdagangan.
    Kedua, nisab yg dipakai hendaklah nisab yg terendah dari emas dan perak. Nah, biasanya perak yg paling rendah, dan nishab perak adalah 595 gram, jika harga per gramnya 5000, maka 595 x 5000 = Rp.2.975.000, maka jika seseorang memiliki uang setahun lalu minimal dgn jumlah tersebut dan selama setahun uangnya tidak pernah berkurang, maka tahun ini wajiblah ia mengeluarkan zakatnya.
    Ketiga, masalah hutang, jika seseorang memiliki harta dari hasil berhutang, ia tetap wajib mengeluarkan zakatnya, sebab itu sdh dianggap hartanya, buktinya dia bebas menggunakan harta tersebut sesuai yg ia inginkan, berbeda dgn harta titipan.
    Semoga bermanfaat, barakallahu fiikum.

  4. Terimakasih infonya ,semoga banyak orang yg sadar utk mensucikan hartanya yg di peroleh dgn cara yg halal.sehingga di Indonesia nggak ada busung lapar dan anak2 terlantar..amiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s