Cara Terbang Tanpa Beli Tiket (Konvensional)

Sering bepergian dengan pesawat? Kalo iya dan kamu tidak suka terikat dengan waktu dan malas pergi ke travel agent maka membeli E-tiket ato tiket online menjadi pilihan ideal..

Sekali waktu saya pernah bepergian ke tiga kota sekaligus dalam waktu tiga hari juga. Celakanya urusan dimasing-masing kota tidak saya ketahui secara persis kapan kelarnya. Di hari pertama saya berangkat dari Banjarmasin tujuan Cengkareng, nyampenya siangan dikit jam 11an. Karena ‘Person in charge’ yang ingin saya  temui masih berada diluar kota dan baru kembali ke esokan harinya maka saya putuskan untuk menunggu. Rada melar jadwal karena berdasarkan perhitungan awal kalo saya tiba di Cengkareng jam 11 maka sekitar jam 2 atau jam 3 sore urusan pertama sudah selesai dan besok pagi lanjut ke Surabaya.
Saya diberitahu kalau yg bersangkutan tiba besok dan bisa melakukan pertemuan jam 9 pagi.  Saya mikir, kalo jam 9 ketemu bearti sekitar jam 10 – 10.30 urusan sudah bisa kelar. Kalau perjalanan dari tangerang ke bandara memakan waktu 30 menit bearti saya bisa ambil pesawat jam 12an dan tiba di Surabaya jam 1! Lumayan masih ‘pagi’ dan urusan bisa dipress hari itu juga.

Nah berdasarkan perhitungan kasar itu saya memutuskan nginap di hotel dan malamnya beli tiket tujuan Surabaya secara online.  Asyiknya beli tiket secara Online :
1. Ga perlu pergi ke travel agent (lagipula saya ga tau letak travel agent)
2. Ga perlu berhadapan dengan CS (iya kalo CSnya cantik dan ramah, kalo cuek dan nyebelin? idih..)
3. Bebas liat2 jam terbang semua pesawat beserta tarifnya (coba di travel agent, apa enak kita nanya semua jam terbang pesawat sekalian harga tiketnya?harga yg paling murah pula!!)
4. Bebas antri
5. Bisa beli tiket tanpa mengucapkan sepatah katapun….heheheh

Itu menurut saya, kalo ada yg pro dan kontra ya monggo saja….:) Ok, lalu maskapai mana saja yg nyaman dan Ok untuk transaksi Online? Menurut saya (lagi) urutan pertama ada Citilink, lalu Lion, Mandala dan Garuda. Kenapa Citilink berada diurutan teratas? Karena berdasar pengalaman saya, sistem pembelian tiket online Citilink itu simpel, cepat dan yg paling mantap adalah kita bisa pilih tempat duduk sendiri! Poin plus untuk Citilink. Lalu kenapa pula Garuda berada di urutan terakhir? ( tapi ingat, urutan terakhir berdasar maskapai yg punya layanan online OK).  Karena untuk beli tiket secara Online kita harus jadi member alias daftar dulu yang menurut saya itu merepotkan dan buang waktu.

Maskapai lain yg juga bagus mungkin ada Air asia atau Merpati. Tapi karena tidak pernah terbang dengan kedua pesawat itu (atau lainnya) maka daftar maskapai ya cuma segitu jadi harap maklum… :)
Untuk Batavia dan Sriwijaya masih jauh dari kata bagus, perlu perbaikan menyeluruh untuk menjadi ‘agen perjalanan’ online yg handal.

Berikut gambaran tata cara beli tiket Online dg maskapai Citilink. Untuk yang lain sebenarnya sama aja pada dasarnya cuma yg berbeda mungkin tampilan dan urutannya.

1. Buka www. citilink.co.id

2. Pada halaman awal kita langsung dapat melakukan proses booking :

booking citilinkPada halaman  ini tentukan kota keberangkatan dan tujuan, lalu pilih jenis tiket apakah sekali jalan atau bolak-balik, jumlah penumpang dan tanggal keberangkatan. Bila sudah, klik ‘ Booking Sekarang’.

2. Selanjutnya kita dibawa pada tahap ke dua :Perhatikan tab tanggal diatas, sangat membantu kan? Bila kita ingin merubah tanggal penerbangan atau sekedar ingin tahu harga tiket di lain tanggal kita tinggal klik pada tab tanggal yg ingin kita lihat. Kemudian lihat kolom tanggal, jam dan harga. Pastikan pilih tanggal dan jam yang tepat agar tak ketinggal pesawat. Lalu harga, wah untung besar nih cuma 99ribu? Itu pancingannya aja coy, biasa bahasa promosi. Harga aslinya baru terlihat setelah kita klik tombol ‘Lanjut’

3. Ok, tujuan sudah ditentukan, jumlah penumpang udah pas, tanggal beres, sekarang liat berapa biaya yg musti kita keluarkan :
Yup, ongkos citilink Banjarmasin – Surabaya tanggal 24/1/2010 adalah 285 ribu. Kalo bener 99rb kite angkut tuh satu RT buat jalan2, iya ga? Waktu masih kerja diretail dulu saya pernah di doktrin : “Promosi adalah omong besar, kerugian kecil”. Kayanya ada benarnya? ;) Ok lanjut….

4. Pada tahap ini kita diharuskan memasukan detil penumpang:

Lalu ditanya ttg kartu identitas :Masukan semua data diri dan ingat, harus sesuai dengan kartu identitas. Perhatikan kolom sebelah kanan yang memuat semua resume rencana perjalanan, pastikan semua benar. Kemudian bila menginginkan, kita dapat memilih tempat duduk. Apakah dekat jendela, ditengah, didepan, asal jangan di kokpit bersama pilot….Caranya? tinggal klik tombol ‘ Pilih Kursi Anda’, bila masih tersedia kita dapat dengan bebas memilih no kursi. Bila -sudah,lanjut ke tahap berikutnya dengan mengklik tombol ‘Lanjut’

5. Beres milih kursi dan memasukan identitas kini saatnya bayar tiket :
Saya pilih bayar dengan kartu kredit (baca : ngutang). Tentukan apakah kartu yg dipake master card atau visa, lalu masukan semua no kartu dan CVV (itu lho, 3 angka di bag belakang karrtu).

Bila semua benar dan kartu masih ada sisa kreditnya maka Insya Allah proses berjalan dengan lancar. Berikutnya sistem akan menampilkan tiket yg sudah kita beli. Print tiket dan anda sudah bisa terbang. Bila tidak ada printer pilih sistem untk mengirim tiket ke alamat email. Simpan di flash disk dan print di tempat rental komputer, bayar 200 rupiah beres….

selamat terbang!

About these ads

11 thoughts on “Cara Terbang Tanpa Beli Tiket (Konvensional)

  1. mas fazhaji sy baru aja nyoba beli tiket pake CC jenis visa.. trus pada saat tinggal pembayaran ga bisa.. sy tanya ke maskapai katanya CC lg di blok pinnya.. ah gak ngerti pin apaan… trs sy tanya ke bank si empunya kartu kredit katanya sih no problem bs dipake kok.. krn bete g jadi deh beli pake CC.. nah itu gmana mas..?? mohon bantuannya mas kira2 masalahnya di mana? n bs gak kirimkan ke email saya aiki_011_1010@yahoo.com.. terima kasih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s