Tips hemat Internetan

Zaman sekarang zamannya Internetan. Yang ga punya FB dianggap ketinggalan kereta, masa FS sudah habis. Sekarangonline_business_networking_groups pokoknya tiada hari tanpa Online…Cari berita, cek email, shopping atau cek email jadi kegiatan rutin yang mungkin agak susah untuk dilakukan untuk kebanyakan orang 5-6 tahun lalu. Sekarang tiap orang yang membawa handset keluaran terbaru hampir dipastikan terhubung ke dunia maya. Sekarang tiap orang yang menenteng notebook hampir dipastikan telah terpasang wifi untuk koneksi hotspot…Susah-susah gampang untuk Online seharian tanpa menguras isi kantong. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna.

1. Pastikan anda memilih layanan ‘volume based’ daripada ‘time based’. Jangan ragu dan malu untuk menghubungi custumer service operator selular / ISP anda untuk meminta penjelasan tentang cara setting dua jenis layanan itu.
Volume based akan menghitung biaya berdasar banyaknya file yg anda ambil dari internet sementara Time based menghitung biaya dari lamanya anda Online.  ‘Volume Based’  akan lebih menguntungkan bila anda lebih banyak membaca dan menulis (misal, Facebook) dan betah berjam-jam Online. “Time Based’ akan menguntungkan bila anda berencana akan mendownload file-file multimedia yang berukuran besar.

2. Matikan fasilitas Image preview (Volume based service). Memang kurang asik surfing tanpa gambar tapi, anda menginginkan surfing hemat bukan? Berikut langkahnya.

a.Browser firefox
-Pada menu bar diatas pilih menu ‘ Tools’, klik ‘Options’
fox-option

– Sebuah window akan muncul, pilih tab ‘Content’ dan perhatikan pilihan yang diberikan. Hilangkan tanda centangnya
fox-content

b. browser Internet Explorer
-Pada menu bar pilih ‘Tools’, klik ‘ Internet Options’
option
-Sebuah window terbuka, klik tab ‘Advanced’ dan hilangkan tanda centangnya.
mmedia

Kenapa perlu dihilangkan? Karena file-file gambar, sound, animasi dan video terlalu banyak memakan bandwidth Internet anda yang berarti menghisap pulsa/cost lebih banyak.

3. Tulislah email sebelum anda Online. Hindari menulis Email secara langsung pada browser untuk menghemat waktu (Time based service). Caranya ketik email di Notepad atau aplikasi office lainnya. Setelah selesai anda dapat segera OnLine dan melakukan copy-paste isi email ke browser.

4. Rencanakan dengan baik situs-situs apa saja yang akan anda kunjungi sebelum terkoneksi ke Internet.

5. Pakai program pengompres content. Program ini akan mengompress content(isi) suatu situs hingga anda akan mendapatkan data yang lebih kecil yang berarti penghematan biaya. Program ini dapat mengompress data hingga 40%-60% lebih kecil.

Klik disini untuk download…
Jangan lupa untuk register untuk mendapatkan username dan passwordnya. Sekali terinstall, anda akan rasakan bedanya dan manfaatnya! Selamat mencoba…

Pertanyaan? Usulan? Masukan? Kirimkan segera komentar anda : adzie_ren@yahoo.com

2 thoughts on “Tips hemat Internetan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s