Waspada bila anda sakit maag

Hati-hati bila anda punya gejala mual, nyeri pada perut atau perih di ulu hati, itu mungkin maag. Biasanya penderita pic18163BD6753860617DEEB066318F7132maag juga mengalami penurunan nafsu makan, wajah pucat dan sering bersendawa bila perut terlambat kemasukan makanan. Maag menyerang segala usia, dan pada tingkat lebih lanjut dapat menimbulkan pendarahan dilambung (hemorrhagic gastritis) yang mengakibatkan darah keluar dan terkumpul dilambung. Dikemudian hari bila dibiarkan penderita dapat muntah bercampur darah. Gastritis yang terjadi dilambung ini terletak di sebelah kiri dada dengan posisi miring kebawah agak menjorok ke kanan mendekati ulu hati. Oleh karna itu kita sering melihat orang menderita maag dengan terbungkung sambil memegang perut sebelah kiri tepat dibawah tulang dada.

Terjadinya gastritis atau maag disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih. Sejatinya asam ini sangat berguna untuk mencerna makanan yang masuk. Dalam keadaan normal lambung akan memproduksi asam sesuai dengan jumlah makanan yang masuk. Tetapi bila pola makan kita tidak teratur, lambung akan sulit beradaptasi dan lama kelamaan mengakibatkan produksi asam yang berlebih. Sifat asam yang korosif (mengikis) ini akan mengiritasi dinding lambung sehingga mengakibatkan rasa nyeri, perih dan mual. Selain pola makan yang tidak teratur, pencetus produksi asam lambung berlebih adalah makanan/minuman seperti cuka, alkohol, bumbu yang bersifat merangsang seperti cabe, merica atau jahe. Jadi bila anda terkena maag hindari sebisa mungkin makanan tersebut.

Selain itu faktor psikis dan kejiwaan juga mempunyai pengaruh yang besar dalam produksi asam lambung. Hal ini dimungkinkan karena sistem syaraf  diotak berhubungan dengan lambung. Orang yang stress akan mengalami perubahan hormonal dalam tubuhnya yang kemudian merangsang sel-sel lambung untuk memproduksi asam secara berlebihan. Ini akan membuat lambung terasa nyeri dan mual. Lama kelamaan asam ini akan membuat dinding lambung luka (iritasi).
Perlu diwaspadai bila maag muncul pada usia 40 atau maag yang tak kunjung sembuh walau sudah berulang kali diobati. Kemungkinan dinding lambung luka atau bahkan tumor lambung.

Solusi dan Pengobatan
Prinsip dari pencegahan dan pengobatan maag adalah pengaturan pola makan dan diet. Jangan biarkan perut dalam kosong dalam keadaan lama. Hal ini menyebabkan asam lambung yang telah diproduksi tidak mempunyai bahan untuk dicerna, dan akhirnya sasarannya adalah dinding lambung itu sendiri. Makan sedikit tetapi sering dengan frekuensi yang teratur lebih baik daripada makan makanan dengan porsi banyak tapi tidak teratur. Jangan terlalu banyak mengkonsumi makanan pedas dan asam, teh, kopi atau minuman bersoda. Sebaliknya perbanyak minum air putih karena air putih akan mengurangi sifat asam dari makanan dan minuman.
Apabila obat penamaaghan nyeri (analgetik) diperlukan maka sebaiknya dikonsumsi sesudah makan dan tidak dalam keadaan kosong.

Bila ini dilakukan dengan disiplin maka Insya Allah penyakit maag dapat membaik tanpa obat. Perlu juga diperhatikan agar menghindari stress. Tidur yang cukup dan melakukan olahraga fisik dapat membuat tubuh bugar. Hadapi hidup dengan tenang dan berserah diri kepada Allah, niscaya penyakit tidak mudah hinggap di tubuh kita, Insya Allah.

Selain obat-obatan dari dokter berikut beberapa resep tradisional untuk penyakit maag. Bahan/ramuan ini antaralain berfungsi untuk memperkuat lambung, mengurangi radang, dan infeksi lambung, mengurangi kepekaan lambung dan memperbaiki sistem pencernaan secara umum :

1.Bahan :
Daun alpukat kering  secukupnya
Air panas 1 gelas
Cara Pemakaian :
Daun alpukat kering dirajang kecil-kecil, kemudian diambil 1 sendok teh dan seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga rata. Minum ramuan ini selagi hangat.

2.Bahan:
1 buah apel manis
Serbuk kayu manis 1 sendok makan
Madu murni 1 sendok makan
Cara pemakaian:
Buah apel dicuci bersih, lalu dijus bersama bubuk kayu manis 1 sendok makan, campur madu sedikit, lalu ramuan ini diminum sehari 2x.

Selain itu anda juga dapat menggunakan salah satu dari obat tradisional berikut:

1. Adas ( buah )

2. Akar Manis ( akar )

3. Daruju ( akar )

4. Jaringao ( rimpang )

5. Kelembak ( akar )

6. Komfrei ( daun )

7. Kunci Pepet ( rimpang )

8. Kunyit ( rimpang )

9. Lidah Buaya ( daun )

10. Pisang Batu ( buah )

11. Pulutan ( akar )

12. Putri Malu ( seluruh bagian tanaman )

13. Sambilata ( daun )

14. Sereh ( seluruh bagian tanaman )

15. Temu Lawak ( rimpang )

Cara pemakaian :

1. Adas ( Foeniculum vulgare L )

Buah Adas 2 gram, Rimpang Lengkuas segar 3 gram, Kedawung yang telah disangrai 7 biji, Rimpang Jaringao sedikit, Air 110 ml, Dibuat infuse dan kemudian diminum. Dewasa 2 kali sehari, pagi dan sore, sekali minum 100 ml. Pemberian kepada anak-anak tergantung dari umur, yaitu 1/4 sampai 1/2 takaran dewasa. Diulang selama 3 hari, bila belum sembuh segera dibawa ke dokter.

2. Akar Manis ( Glycyrrhiza glabra L.

Akar Manis 3 gram, Rimpang Kunyit 4 gram, Air 130 ml, Dibuat infus atau diseduh. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Tiap kali minum 100 ml. Diulang selama 14 hari. Bagi penderita yang tidak tahan panasnya kunyit, ramuan dapat ditambah air hingga encer, diendapkan dahulu kemudian diminum.

Peringatan

Takaran yang terlalu banyak dan pemakaian terlalu lama dapat mengakibatkan hipoklamia.

3. Daruju ( Acanthus ilicifolium L. )

Akar Daruju 7 gram, Rimpang Temu Lawak segar 7 gram, Herba Meniran 7 gram, Air 130 ml, Dibuat infus. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang selama 14 hari.

4. Jaringao ( Acorus calamus L. )

Rimpang Jaringao I gram, Rimpang Jahe 5 gram, Air 110 ml, Dibuat infus atau diseduh. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang selama 4 hari.

5. Kelembak ( Rheum rhabarbarum L. )

Akar Kelembak (serbuk) 1 sendok teh, Kayu Ules 2 butir, Biji Kedawung (sangrai) 5 butir, Herba Meniran 3 pohon, Herba Pegagan 1 genggam, Air 230 ml, Dibuat inks atau diseduh. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml. Diulang selama 4 hari.

ATAU Serbuk Kelembak I sendok makan, Sebuk Bidara Laut 1/2 sendok makan, Biji Ketumbar 3 sendok makan, Daun Saga 250 gram, Daun Asam 250 gram, Rimpang Kunyit 250 gram, Herba Pegagan 250 gram, Semua bahan diserbuk halus lalu dicampur hingga rata, ramuan diseduh dengan air 100 ml. Diminum I kali sehari I sendok makan. Diulang selama 14 han.

6. Komfrei ( Symphytum officinale L. )

Daun Konfrei segar 5 gram, Rimpang Kunyit segar 9 gram, Air secukupnya, Dipipis. Diminum 1 kali sehari 1 cangkir. Diulang selama 14 hari.

7. Kunci Pepet/Temu Kunci ( Kaempferia angustifolia Roscoe. )

Temu kunci 7 rimpang, Air mendidih secukupnya, Rimpang Temu kunci dipotong tipis-tipis kemudian diseduh dengan air mendidih. Diminum seperti minum teh untuk keperluan 1 hari. Diulang selama 14 hari.

Catatan

Dipasaran sering dikacaukan antara Kunci pepet (Kaeinpferia angustifolia) dan Temu putri (Kaemferia rotunda).

8. Kunyit ( Curcuma domestica Val. )

25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat, 2 kali sehari.

9. Lidah Buaya ( Aloe Vera Linn )

75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat 2 kali sehari.

10. Pisang Batu ( Musa brachycarpa Back )

Pisang Batu masak 3 buah, Pisang Batu mentah beserta kulitnya I buah, Buah Pace 1 buah, Air sedikit, Pisang Batu mentah dan buah Pace diparut, kemudian diremas bersama Pisang batu masak dengan bantuan air, kemudian disaring. Diminurn 1 kali sehari 1 ramuan. Diulang selama 14 hari.

11. Pulutan ( Urena lobata L. )

Akar Pulutan 2 jari tangan, Tepung Garut 1 sendok makan, Air 2 gelas, Dibuat infus. Diminum sebagai pengganti minum air teh.

12. Putri Malu ( Mimosa pudica L. )

Herba Putri Malu segar 15 gram, Rimpang Temu Lawak 7 keping, Rimpang Kunyit 1 jari tangan, Air 120ml, Dibuat infus. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang selama 14 hari.

Peringatan

Tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

13. Sambilata ( Andrographis paniculata (Burm. f.) Nees. )

Daun Sambilata 17 helai, Air secukupnya, Cara pernbuatan, Dipipis atau diseduh. Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Apabila ramuan dibuat seduhan maka diminum 1 kali sehari 100 ml.

Diulang selama 7 hari. Ampas dioleskan pada tempat yang sakit.

14. Sereh ( Cymbopogon nardus (L.) Reandle. )

3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat 2 kali sehari.

15. Temu Lawak ( Curcuma xanthorrhiza Roxb. )

30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat 2 kali sehari.

@diolah dari berbagai sumber

11 thoughts on “Waspada bila anda sakit maag

  1. Thanks bos aji, info obat2an tradisional untuk mengobati penyakit maag. Ini penting bg sy bos krn sy sering maag, sekali lagi terima kasih bnyk infony, smg Allah memberikan balasan yg setimpal untuk anda yg telah memberikan info yg baik utk penderita maag. Barokah utk kt semua, amin.

  2. aslm. salam kenal mas. aku pribadi penderita maag nih.
    bahan2nya agak sulit tuh… daun sambiloto aku lagi nyari bibitnya nih mo tak tanem.
    alhamdulillah kalo sekarang sih pake kunyit aja tiap hari.
    thanks infonya.
    btw, link-nya dihidupin pak.
    diedit di dashboard. user-your profile, trus dicentang keyboard shortcutnya.

    • Oh iya terima atas masukannya.
      Salam kenal juga mas, senang rasanya kalau info yg saya post berguna untuk sesama.
      Bertanam apotek hidup memang cara jitu dan lebih hemat dan aman, daripada minum obat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s