Mbah Surip dan rumah baru

Pelantun lagu Tak Gendong itu lebih senang tidur di rumah petak yang sempit.

VIVAnews.com – Tinggal di rumah bagus ternyata tidak membuat Mbah Surip kerasan. Semasa hidupnya, pria imagesbernama asli Urip Akhmad Riyanto ini baru tiga kali menempati rumah baru yang diberikan manajemen Kampung Artis kepadanya.
Seniman berambut gimbal yang naik daun lewat tembang “Tak Gendong” ini lebih senang tinggal di rumah kontrakan petak berukuran 3,5 x 12,5 meter persegi yang sudah ditempatinya selama enam tahun.
“Seingat saya di rumah Kampung Artis cuma tiga kali kami menginap di situ. Saya, Farid (anak Mbah Surip) dan Mbah Surip. Dia lebih senang tinggal di rumah petak,” kata Buyung, sahabat Mbah Surip kepada VIVAnews, Rabu 5 Agustus 2009.

Menurut Buyung, rumah Mbah Surip di kampung artis seringkali dibiarkan kosong. Buyung sempat menemani VIVAnews menyambangi rumah baru penembang lagu “Bangun Tidur” itu di Kampung Artis. Rumah tersebut berada di pojokan kompleks dan berdiri di atas lahan sekitar 150-200 meter persegi.
Rumah tersebut dicat pink dan putih. Mbah Surip mendapatkan rumah itu beserta isinya. Rumah tanpa pagar itu dilengkapi dua kamar tidur dan dua kamar mandi. Satu kamar mandi dilengkapi dengan bak mandi untuk berendam. Satu set sofa melengkapi ruang tamu. Ada pula lemari pajangan yang terbuat dari kayu jati dan meja makan.

Sementara rumah petak yang biasa ditempati Mbah Surip dan anaknya Farid berada 300 meter dari Kampung Artis. Layaknya rumah petak, rumah ini terdiri dari tiga bagian, ruang tamu, ruang tidur dan dapur.
Mbah Surip menghembuskan nafas terakhir pukul 10.30 WIB, Selasa 4 Agustus 2009. Ia diduga terkena serangan jantung saat sedang berkunjung ke rumah pelawak Mamiek Prakosa.

Beberapa saat setelah meninggalnya Mbah Surip beredar kabar rumah baru yang diberikan manajemen akan ditarik kembali, termasuk mobil APV yang biasa membawa Mbah Surip kemana-mana. Namun manajemen masih bungkam soal ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s