Gampang Emosional? Pasti Salah Pilih Makanan!

Gampang Emosional? Pasti Salah Pilih Makanan!

INILAH.Com, Jakarta – Percayakah Anda jika makanan yang kita santap bisa mengendalikan emosi kita? Ini terjadi angry-cartoon-grunge-effectkarena pemicu ketenangan emosi dikendalikan oleh kadar serotonin yang ada dalam kepala.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, bisa jadi Anda akan menjadi golongan orang yang cepat naik pitam. Solusinya coba mulai menyantap sarapan yang kaya triptofan. Triptofan adalah asam amino yang bisa meningkatkakan level serotonin. Mengapa serotonin?

Berdasarkan hasil penelitian yang diungkap dan dilansir dari WebMD, orang dengan kadar serotonin lebih cepat naik pitam ketimbang orang dengan kadar serotonin yang tinggi. Ini terbukti dari uji coba yang dilakukan pada dua kelompok.

Kelompok pertama adalah mereka yang diberikan minuman penurun serotonin dan kelompok lainnya diberikan peningkat serotonin. Setelah itu, kedua kelompok diminta saling berinteraksi.

Hasilnya, kelompok yang memiliki kadar serotonin tinggi jarang terpancing emosi sehingga mampu mengambil keputusan yang baik. Sementara di kelompok yangn kekurangan serotonin, emosi lebih meletup-letup.

Adapun makanan yang dapat meninggikan serotonin karena kaya akan triptofan adalah produk olahan susu, kedelai, atau hasil ternak unggas.

Selain itu ada beberapa makanan alternatif yang dapat Anda santap, agar emosi Anda dapat terkontrol. Makanan-makanan itu adalah:

1.Aloe Vera atau Lidah Buaya

Tersedia dalam bentuk kalengan, lidah buaya dapat dijadikan campuran es buah. Tak hanya kandungan vitamin E saja yang baik untuk kulit Anda, tetapi sifat dasar lidah buaya ini adalah makanan yang meredakan emosi. Membuat Anda merasa dingin dan nyaman.

2. Semangka

Tak peduli dalam bentuk jus atau buah segar, Semangka yang merah merona ini juga akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan rileks. Emosi yang meluap-luap kembali diimbangi dengan rasa dingin dan segar yang merasuk pada tubuh Anda.

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, Semangka segar dapat menjadi pilihan makanan pemadam emosi Anda. Dengan catatan, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena Semangka juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah.

3. Cincau

Semua tahu si hitam yang biasa dipakai di dalam campuran es ini. Berasal dari daun-daunan merambat, seratnya yang tinggi akan membantu Anda memperlancar pencernaan. Tak hanya itu, sama halnya dengan makanan pemadam emosi lainnya, cincau juga menjaga keseimbangan emosi Anda.

Tapi hati-hati memilih cincau, beberapa cincau yang dijual di pasaran memiliki kandungan pewarna yang tinggi, yang pastinya tidak akan memberikan efek sehat bagi Anda.

4. Selasih

Bagaikan ribuan telur katak di dalam gelas Anda. Memang jika sesekali diamati Anda akan bergidik, bahkan kadang terbayang ada ribuan mata yang sedang mengamati Anda dari sela-sela buah segar dan sirup manis yang merendamnya, itulah Selasih.

Kali ini beberapa petani selasih mengemasnya dalam plastik kemasan dan siap untuk Anda tambahkan pada es buah Anda. Selasih juga mampu memberikan efek nyaman, segar dan dingin pada Anda. Bahkan zaman dahulu, nenek moyang kita memanfaatkannya untuk mereka yang menderita sakit tenggorokan.

5. Agar-agar

Tak sama jika Anda memilih jelly yang kenyal dan menyenangkan. Agar-agar yang murni dari bahan alami hasil laut ini mungkin akan terasa sedikit membosankan. Tetapi jangan salah, makanan yang kaya akan vitamin E dan serat ini merupakan salah satu makanan hebat peredam emosi Anda. Juga memiliki sifat dingin, emosi Anda yang berapi-api akan luntur sedikit demi sedikit.

Jika api amarah sudah makin membesar, carilah tempat yang menenangkan Anda. Atau tak ada salahnya mengasah kemampuan me-mixed menu menjadi es buah lezat sekaligus menenangkan amarah di dalam diri.

disadur dari : http://lawliet90.wordpress.com
lawliet90 nyadur dari : inilah.com

🙂

2 thoughts on “Gampang Emosional? Pasti Salah Pilih Makanan!

  1. qho orngX agk pmrh gtu…..
    tp qho qho thu pha pnybab aku marah ….sm0ga Z dengan tips y6 di brkn ni qho bsa berbh….n bsa jd orng y6 6’gmpg emosi gtu….????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s