10 eksperimen ilmiah yang mengubah dunia

10. Bunga Darwin
Banyak orang mengenal Charles Darwin dengan segala  aktivitasnya diatas diatas kapal HMS Beagle dan  perjalanannya bunga-darwinyang terkenal ke Afrika utara. Dia membuat  penelitian tentang burung pipit yang paling terkenal  diatas pulau Galapagos.
Tetapi sedikit orang yang mengetahui tentang eksperimen  Darwin setelah dia pulang ke Inggris, yang beberapa  diantaranya eksperimen terhadap anggrek.

Darwin memperlajari beberapa spesies asli anggrek, dan  dia menyadari bahwa bentuk anggrek yang rumit merupakan  adaptasi yang mengarahkan anggrek untuk menarik perhatian  serangga yang kemudian membawa serbuk ke dekat bunga.
Masing-masing serangga terbentuk dan didesain dengan  sempurana sebagai pembawa serbuk sari untuk setiap tipe  anggrek, persis seperti paruh burung pipit Galapagos yang  terbentuk khusus untuk menyesuaikan dengan bentuk  ceruk/lerung bunga.
Anggrek Star of Bethlehem, yang menyimpan nektar dibawah  tabung dengan panjang sekitar 30cm, Darwin mempelajari  desain ini dan membuat perkiraan hewan yang ‘sesui’ yang   hidup yang pas dengan bentuk/desain anggrek itu. Cukup  meyakinkan, di tahun 19013, para ilmuan menemukan sejenis  ngengat yang mempunyai belalai/hidung panjang yang secara  unik cocok untuk mencapai bagian bawah tabung anggrek  yang berisi nektar.
natural-selection-hummingbiDarwin menggunakan data anggrek yang dia kumpulkan dan  masing-masing serangga penyerbuknya untuk memperkuat  teorinya tentang Seleksi Alam.
Darwin berargumen bahwa penyerbukan silang menghasilkan  anggrek yang lebih pas untuk bertahan hidup daripada  anggrek yang dihasilkan dari penyerbukan sendiri, sebuah  bentuk dari perkawinan tertutup yang mengurangi  keberagaman dan puncaknya, mengurangi kemampuan untuk  mempertahankan spesiesnya.
Dengan demikian tiga tahun setelah dia menjelaskan teori  Seleksi Alam dalam “On the Origin of Species”, Darwin  menghantarkan suatu kerangka evolusi modern dengan  sedikit percobaan Anggrek.

9.Mengurai DNA
James watson dan Francis mempunyai kontribusi besar dalam  menyingkap rahasia DNA, tetapi penemuan mereka hersheysangat  bergantung pada hasil kerja orang lain, seperti Alfred  Hershey dan Martha chase yang pada 1952 melakukan  eksperimen yang sekarang dikenal sebagai DNA, molekul  yang berperan dalam mengurai garis keturunan makhluk  hidup. Hershey dan Chase meneliti suatu tipe virus yang  dikenal sebagai bacteriophage. Jenis virus yang terdiri  dari lapisan protein yang membungkus suatu untaian DNA,  menginfeksi sel bakteri, memprogram sel untuk membuat  lebih banyak virus, kemudian membunuh sel untuk  melepaskan virus yang baru terbentuk. Keduanya mengetahui  ini tetapi mereka tidak tahu komponen yang mana–protein  atau DNA yang bertanggung jawab hingga pada eksperimen  “campuran” jenius mereka yang mengarahkan pada asam  nucleic DNA.

Setelah eksperimen Hershey dan Chase, ilmuan seperti  Rosalind Franklin memfokuskan pada DNA dan dengan segera  menguraikan struktur molekularnya. Franklin menggunakan  teknik yang dinamakan ‘difraksi sinar X’ untuk  mempelajari DNA.

8. Vaksinasi
Sampai ketika pembasmian wabah cacar yang menarik  perhatian global diakhir abad 20, cacar merupakan masalah  vaksinkesehatan serius. Pada abad ke 18, bencana yang  diakibatkan oleh virus Variola membunuh 1 dari 10 anak  yang dilahirkan di Swedia dan Perancis ( sumber: WHO).

Edward Jenner, ahli fisika Inggris, mempelajari cacar dan  mengembangkan perawatan yang kontinyu. Asal mula  eksperimennya bermula dari pengamatannya bahwa banyak  wanita pemerah susu sapi di kota kelahirannya terkena  cacar sapi, penyakit yang tak mematikan serupa dengan  cacar. Pemerah susu sapi yang terinfeksi cacar sapi  terlihat kebal terhadap virus cacar, kemudian di tahun  1796, Jenner memutuskan mencoba apakah ia dapat  memberikan kekebalan terhadap cacar dengan cara meng- infeksi seseorang dengan cacar sapi secara sengaja. Orang  yang dijadikan percobaannya itu adalah seorang bocah  kecil bernama James Phipps. Jenner mej0313987-743418mbuat irisan  dilengan Phipps dan memasukan cairan cacar sapi yang  dilemahkan dari pemerah susu bernama Sarah Nelmes. Empat  puluh delapan hari kemudian, Jenner mengekspose phipps  kepada cacar dan menemukan bahwa si bocah telah kebal.

sekarang, ilmuan tahu bahwa virus cacar sapi dan cacar  manusia begitu mirip, sehingga sistem kekebalan tubuh  tidak dapat membedakannya. Dengan kata lain, antibodi  yang dibuat untuk melawan cacar sapi juga akan menyerang  dan membunuh cacar manusia dengan cara yang sama.

7. Ion positif inti atom
Fisikawan Ernst Rutherford telah memenangkan hadiah nobel  pada 1908 atas penelitiannya tentang radioaktivitas  atomketika dia memulai beberapa eksperimen yang kemudian  menyingkap rahasia struktur atom.
Eksperimennya berdasarkan pada penelitian sebelumnya yang  menunjukan bahwa radioaktivitas terdiri dari dua tipe  sinar–alpha dan beta. Ketika dia menembakan partikel  alpha ke sebuah layar putih, sinar itu membentuk sebuah  image yang tajam dan kering. Tapi ketika dia meletakan  sebuah lembaran mika tipis diantara sumber sinar alpha  dan layar, hasilnya adalah sebuah gambar yang tersebar  memanjang. Jelas, mica membuat beberapa partikel alpha  terserak, tapi bagaimana dan kenapa?

Di tahun 1911, dia meletakan sebuah lembaran emas tipis,  hanya dengan ketebalan satu atau dua atom, diantara  sumber sinar alpha dan layar. Dia meletakan lembaran  kedua di sumber sinar alpha untuk melihat apakah ada  partikel yang dibelokan. Pada layar dibelakang lembaran  emas, Rutherford memperhatikan terdapat pola gambar yang  tersebar serupa dengan yang ia lihat pada lembaran mica  terdahulu. Dibagian depan lapisan emas, Rutherford dengan  heran Rutherford menyaksikan bahwa beberapa partikel  alpha memantul secara simultan.

Rutherford menyimpulkan bahwa sebuah runtutan positive  yang kuat pada inti atom emas telah membelokan partikel  alpha terhadap sumber sinar alpha. Dia menyebut sumber  positif kuat ini sebagai “nucleus” (inti), dan mengatakan  nucleus pasti kecil sebanding dengan ukuran atom secara  keseluruhan.
Sekarang, kita masih memvisualisasikan atom sebagaimana  Rutherford katakan : kecil, inti runtutan positive yang  dikelilingin oleh suatu yang luas, sebagian besar daerah  kosong dengan beberapa elektron.

6. Pandangan X-Ray
Tahun 1945, Dorothy Crowfoot Hodgkin dianggap sebagai  praktisi terkemuka dalam bidang teknik difraksi X-Ray,  karena dialah orang yang sebenarnya menyingkap struktur  kimia salah satu obat yang paling penting—Penicillin.  Alexander Fleming telah menemukan substansi pembunuh  bakteri di tahun 1928, tapi para ilmuan masih berjuang  untuk memurnikan bahan kimianya untuk mendapatkan  perawatan yang lebih efektif. Dengan pemindaian 3-D  terhadap atom penicillin, Hodkin membuka suatu jalan  besar untuk menciptakan dan mengembangkan varian  semisintetik dari penicillin, merevolusi cara bagaimana  para dokter melawan infeksi.

10-science-experiments-75.Kabut jaman purba
Ditahun 1929, ahli biokimia John Haldane dan Aleksander  oparin membuat hipotesa secara independen bahwa dahulu  atmosfer bumi kekurangan oksigen bebas. Dilingkungan  keras seperti itu, kata mereka, senyawa organic dapat  terbentuk dari molekul sederhana jika mereka distimulasi  oleh sumber energi yang kuat, dari sinar ultraviolet atau  petir. Haldane menambahkan bahwa samudera merupakan  “kabut primitif” dari senyawa organik ini.

Ahli kimia AS, Harold Urey dan Stanley Miller melakukan  suatu percobaan untuk pengujian atas hipostesa Oparin- Haldane ditahun 1953. Mereka mensimulasikan kondisi  athmosfer awal bumi dengan cara menciptakan suatu sistem  yang tertutup dan dikontrol dengan sangat hati-hati.  Lautan disimulasikan dengan air hangat dalam tabung.  Begitu uap air naik dan tekumpul di ruang lain, Urey dan  Miller memasukan hydrogen,methan dan amonia untuk  mensimulasikan atmosfer yang bebas oksigen. Kemudian  mereka menembakan percikan api, sebagai petir, kedalam  campuran gas tadi. Hasilnya, kondensor mendinginkan gas  menjadi cairan yang kemudian dikumpulkan untuk diteliti.

Setelah seminggu, Urey dan Miller mendapatkan hasil yang  mengherankan : terdapat senyawa organic dalam jumlah yang  melimpah dalam cairan.  Yang palin menarik, Miller  menemukan asam amino, termasuk glycine, alanin dan asam  glutamik.
Urey dan Miller menyimpulkan bahwa molekul organik dapat  terbentuk didalam atmosfer tanpa oksigen.

light4.  Cahaya
Diawal abad 19, cahaya masih merupakan suatu mistri yang  menginspirasi beberapa eksperimen hebat, dan yang paling  mendapat perhatian adalah percobaan Thomas Young  mengatakan cahaya merupakan gelombang, bukan partikel.  Tapi kita masih tidak tahu seberapa cepat cahaya  merambat.

Di tahun 1878, instruktur fisika AA Michelson melakukan  suatu percobaan untuk menghitung kecepatan cahaya dan  membuktikan bahwa cahaya adalah berbatas, jumlah yang  terukur. Berikut adalah yang dilakukannya:

1. Pertama, dia meletakan dua cermin berjauhan dekat  kampus, mengatur cermin agar cahaya menimpa cermin yang  satu dan memantulkan kembali ke cermin yang kedua. Dia  mengukur jarak antara dua cermin dan hasilnya adalah  606.4029 meter.
2. Kemudian, Michelson menggunakan blower bertenaga uap  untuk memutar kaca satu dengan kecepatan 256  putaran/detik. Kaca yang lain dibiarkan diam.
3.Menggunakan sebuah lensa, dia memfokuskan sorotan  cahaya ke arah cermin yang diam. Ketika cahaya menimpa,  cahayanya memantul kearah cermin berputar,dimana  Michelson telah meletakan sebuah layar pengamatan.Karena  cermin kedua bergerak, cahaya pantulan membelok sedikit.
4.Ketika Michelson mengukur belokan, dia menemukan angka  133mm.
5.Menggunakan data tersebut,Michelson menghitung  kecepatan cahaya menjadi 186,380mil/detik (299,949.53  km/detik)

Kecepatan cahaya yang diterima sekarang adalah  186,282.397 mil/detik. Pengukuran Michelson secara  luarbiasa akurat.

3. Menyingkap Radiasi
Tahun 1897 merupakan tahun bersejarah bagi Marie Curie,  Anak pertamanya lahir dan beberapa minggu kemudian 10-science-experiments-9dia  mencari judul untuk skripsi doktoralnya. Dia lalu  memutuskan untuk mempelajari ” sinar uranium”, yang  pertama kali dijelaskan oleh Henri Bacquerel. Henri telah  menemukan sinar ini secara kebetulan ketika dia meletakan  garam uranium di ruangan gelap dan ketika dia kembali,  Henry menemukan bahwa ruangan itu telah terekspose  cetakan fotograpik. Marie Curie memilih untuk mempelajari   sinar misterius ini untuk menentukan apakah elemen lain  juga mengeluarkan emisi yang sama.

Mulanya Curie mempelajari bahwa thorium mengeluarkan  sinar yang sama dengan uranium. Dia mulai menamakan  elemen unik ini sebagai “radioaktive” dan dengan cepat  menemukan bahwa kekuatan radiasi bermacam senyawa uranium  dan thorium tidak bergantung jenis senyawanya,tetapi  bergantung pada jumlah keberadaannya. Dia membuktikan  bahwa sinar tersebut berasal dari atom element  radioaktive. Dengan sendirinya, ini merupakan penemuan  revolusioner.

Dia menemukan bijih uranium menghasilkan lebih banyak  radioaktive, membawanya pada perkiraan bahwa terdapat  elemen yang tidak diketahui yang dialam yang membentuk  terjadinya mineral. Suaminya,Pierre bergabung untuk  meneliti dan secara sistematis mereka menurunkan sejumlah  besar bijih uranium sampai akhirnya mereka mengisolasi  elemen baru. Mereka namakannya Polonium. Segera  sesudahnya, mereka elemen radioaktive yang lain,yang  mereka namakan radium. Curie memenangkan dua hadiah nobel  atas jerihpayahnya.

10-science-experiments-102.Dog days
Apakah anda tahu bahwa Ivan Pavlov, ahli kimia dan  psikolog Rusia yang bertanggung jawab pada eksperimen  liur anjing tidak tertarik dengan psikologi dan perilaku?  Spesifiknya, dia berusaha mempelajari kaitan antara air  liur dengan tindakan/aktifitas perut. Sebelumnya Pavlov  mencatat bahwa perut tidak akan mencerna tanpa airliur terbentuk lebih dahulu.
Selanjutnya, Pavlov mempertanyakan apakah stimuli luar dapat mempengaruhi pencernaan dengan cara yang sama.Untuk  percobaan ini dia memulai dengan menyalakan senter, membunyikan alat pengeluar suara dan pada saat yang bersamaan dia menawarkan makanan pada anjing penelitiannya. Dalam keadaan tanpa stimuli ini, anjing hanya mengeluarkan liur ketika melihat atau memakan makananya. Tapi mereka mengeluarkan air liur ketika distimulasi dengan lampu senter atau suara, bahkan ketika tanpa makanan. Pavlov juga mendapati bahwa  tipe reflek yang dibuat menghilang jika stimulus ternyata ‘salah’ terlalu sering. Sebagai contoh, jika bunyian di bunyikan dan tidak ada makanan terlihat,anjing dengan cepat berhenti mengeluarkan air liur pada suara tersebut.

Palov mempublikasikan hasilnya pada 1903.Satu tahun kemudian, dia memenangkan hadiah nobel dalam pengobatan. Nobel untuk hasil kerjanya tentang psikologi pencernaan, yang kemudian berkembang menjadi topik bahasan yang bermacam-macam.

5 thoughts on “10 eksperimen ilmiah yang mengubah dunia

  1. Tanpa menghormati dari isi artikel anda kami denature indonesia hanya sekedar memberikan solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan obat kutil di kemaluan

    • cuman satu yang yang bisa menyelamat kan dunia tidak perlu bicara karena internet jadi ketikan saja di internet basmi iblis / manusia yang suka membanta kebenaran / yang tidak mau menerima kebenara jaga alam kita maksut nya jaga tubu kita karena nama tubu kita ini alam / bumi juga alam cuman satu yang harus kita terima agin adalah raja alam dan ratu alam sau daranya yang banyak mampu meng hidupi seluru dunia hilang kan tukar menukar / jual beli karena mata uang itu artinya adalah jenis kelamin wanita dan laki2 jadi perlu di jual belikan karena sama saja kita jual diri kita sama diri kita ,,…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s