Kumandang Azan yg tak berkesudahan

Kematian itu pasti menjelma. Hanya waktunya yang tidak Kita ketahui.

azan,

azan,

Coba Kita amati.. Mengapa Kebanyakan orang yg nazak/ sakaratulmaut hampir ajal tidak dapat berkata apa-apa.. Lidahnya kelu, keras dan hanya mimik mukanya yang menahan kesakitan ‘ sakaratulmaut’. Diriwayatkan sebuah hadis yg bermaksud:

‘Hendaklah Kamu mendiamkan diri ketika azan, jika tidak Allah akan kelukan lidahnya ketika maut menghampirinya. ‘

Ini jelas menunjukkan, Kita disarankan agar mendiamkan diri, jangan berkata apa-apa pun sewaktu azan berkumandang . Sebagai orang beragama Islam Kita wajib menghormati azan Yang memiliki banyak

fadhilatnya. Jika lagu kebangsaan Kita diajar agar berdiri tegak dan diamkan diri, mengapa ketika azan Kita tidak bisa mendiamkan diri?
Lantas barang siapa yang berbicara ketika azan, Allah akan kelukan lidahnya ketika nazak (sakaratulmaut). Kita takut dengan kelunya lidah Kita ketika ajal hampir tiba sehingga Kita tidak dapat mengucap kalimah ‘Laailaahaillallaah. .’ Karena barang siapa yang dapat mengucapkan kalimah ini ketika nyawanya akan dicabut, maka ALLAH menjanjikan Syurga untuk mereka. Dari itu marilah kita sama-sama menghormati
azan dan mohon kepada Allah supaya lidah ini tidak kelu ketika nyawa kita sedang dicabut.

‘Ya Allah! Anugerahkanlah kematian kami dengan kematian yang baik lagi mulia, lancarkan lidah kami mengucap kalimah ‘Laailaahaillallaah. .’ ketika sakaratul maut menghampiri kami… Amin… amin.. amin Yarobbala’lamin. .’

Sesuatu yang tak pernah terjangkau di ak
al fikiran ku ini. Subhanallah. ..
Ketahuilah bahwa pada setiap waktu, ribuan bilal di seluruh dunia akan mengalunkan azan, mengakui ‘Bahwa Allah Saja Yang Patut Disembah, dan Nabi Muhammad Adalah Rasul Allah.’ Diawali dengan Indonesia yang terletak dibagian timur dengan ratusan kepulauan-nya dan jumlah penduduknya sebanyak 180 juta.

Memasuki waktu Subuh, Azan mulai berkumandang dari kawasan ini dengan ribuan Bilal yang akan melaungkan Ke-Agungan Allah S..W.T dan Nabi Muhammad S.A.W. Proses ini akan bergerak kearah barat kepulauan Indonesia. Perbedaan waktu antara timur dan barat Indonesia adalah 1-1/2 jam. Belum alunan Azan merata di seluruh Indonesia selesai, azan sudah mulai berkumandang di Malaysia.

Berikutnya di-Burma dan dalam waktu satu jam selepas Azan dialunkan di-Jakarta, tiba giliran Dacca di Bangladesh. Berikutnya alunanannya akan kedengaran di Calcutta dan terus ke Srinagar dibarat India. Perbedaan waktu dikota-kota Pakistan adalah 40 menit jadi dalam jangka waktu ini, Azan akan berkumandang diseluruh Pakistan. Belum berakhir di-Pakistan, Azan akan mulai berkumandang pula di Afghanistan dan Muscat. Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam. Dalam jangka waktu ini, sambung-menyambung Azan akan terus dilaungkan di UAE, Makkah, Madinah, Yaman , Kuwait dan Iraq .

Proses ini berlanjut setiap detik sehingga ke pantai timur Atlantik. Jarak waktu Azan mulai dialunkan di Indonesia sampai ke pantai timur Atlantik adalah 9-1/2 jam.
Belum pun Azan Subuh berkumandang di pantai Timur Atlantik, Azan Zuhur kini sudah mula dilaungkan di Indonesia . Ini berterusan pada setiap waktu sholat, tidak putus-putus.

Subhanallah, begitu hebat dan agungnya Islam! Kalaulah setiap kawasan boleh memasang pengeras suara, akan bergetar satu dunia dengan alunan Azan yang tidak putus-putus.
Allahu Akbar!

Sumber: http://huyuh.blogspot.com

tq ya Phie… :)

About these ads

9 responses to “Kumandang Azan yg tak berkesudahan

  1. semoga kumandang azan kan selalu bergema di Negri ku tercinta, karna hanya pada Nya lah kita bermunajat, memohon ketentraman jiwa. Subhanallah….

  2. Adzan, sebuah panggilan dan proklamasi ke-Esa an ALLOH dan panggilan mesra menuju kemenangan atas nafsu mengawal dunia ini…hingga akhir jaman sebelum kiamat tiba. SUBHANALLOH WALHAMDULILLAH ALLOHUAKBAR.
    Coba bayangkan dunia ini senyap tanpa adzan sehari saja…entah apa yang terjadi…

  3. Itulah fenomena luarbiasa simbol persatuan umat islam,sebagai saudara yg tidak mengenal batas wilayah suatu negara.Dengan kumandang adzan yg bersahutan kita bersatu dalam satu waktu yg bersamaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s