Android atau Apple?

android vs ios

Pilih mana ya??

Ada seorang kawan yang berencana membeli gadget baru dan menanyakan apa yang sebaiknya dia pilih, android atau Ios, dan bagaimana koneksi internetnya.
Memilih dan menentukan gadget sekarang ini memang susah susah gampang. Susahnya adalah terdapat ratusan atau ribuan jenis dan tipe HP. Satu merk ponsel saja bisa menelurkan puluhan tipe yang berbeda dalam satu tahunnya. Belum lagi jenis Operating systemnya. Windows phone, Java, Ios, Blackberry atau android. Dalam satu Operating System pun masih terbagi lagi menurut versinya. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2007 hingga sekarang misalnya, Android Os telah mengalami update hingga 19 kali! Versi terbaru Android kini sudah mencapai versi 4.4 (Kitkat). Belum lagi versi kikat terbeli kini sudah mulai ramai diberitakan bahwa Android versi L(ollipop) akan segera diluncurkan! Namun dipasaran anda masih bisa menjumpai tablet Android versi 2.3 Gingerbread 7″ dengan harga 500rb an. Saya sendiri masih menyimpan sebuah tablet Android 2.3 dan SmartPhone froyo yang masih berfungsi baik.android yang bersahabat :)

Kesusahan memilih gadget juga merupakan faktor kemudahan dalam memilih. Lho kok bisa? Iya, dengan banyaknya pilihan anda menjadi raja untuk memilih gadget yang anda sukai. Atau simpelnya, pilih gadget bermerk dan keluaran terbaru🙂 Selesai. Tapi, menurut saya, itu kurang seru. Kalau mau jeli dan rajin melakukan komparasi anda bisa dapat gadget harga ringan tapi sekelas dengan gadget bermerk (dalam segi fitur dan spesifikasi).

Kembali pada topik, android atau ios? Saya pribadi akan menjatuhkan pilihan pada android tanpa berfikir 2 kali, atau 1 kali. Kenapa? Pertama karena harga sebuah gadget Ios sangat mahal menurut saya. Terlepas dari ada tidaknya duit di dompet lho ya… Untuk sebuah Iphone 4 8Gb dibanderol seharga 3,9juta. Entah berapa harga resminya ketika pertama kali diluncurkan tahun 2010. Harga paling murah untuk sebuah Iphone, sepanjang pengamatan saya, adalah 2,5jt (CDMA version). Kalo di Android harga segitu sudah dapat barang yang wah dengan spek yang lumayan tinggi.

ios

ios is expensive?

Kedua, tidak ada kelebihan yang terlalu mencolok dari Iphone selain harganya yang mahal. Fitur-fitur yang ditawarkan juga umum terdapat pada gadget Android. Jadi? Percayalah…anda tidak akan berubah menjadi keren hanya karena memakai Iphone untuk sms an dan telponan saja.

Lalu bagaimana dengan Android? Ini dia sesi menariknya. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2007 Android mendapat sukses besar dan terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Platform yang fleksibel dan bersifat open source talah menarik perhatian banyak orang. Bila anda ingin bermain game tipe apa saja maka terdapat ratusan free game yang bisa didownload–dan bertambah terus setiap harinya! Bila anda ingin file-file kantor bisa dikerjaan dan di periksa setiap saat maka beragam Office suite tersedia di google play. Anda seorang kutu buku? Maka Android pas sekali. Terdapat ribuan e-book yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar, jenis bacaan apapun yang anda inginkan! Bila anda ingin menambah kapastias memori maka anda bisa menambahnya melalui SDcard bahkan FlashDisk. Dan seterusnya dan seterusnya..Entertainment, Office, Games, Library, Science, humor, tool bahkan adult (!) material tersedia melimpah untuk didownload.

Anda bisa juga melakukan koneksi internet melalui modem USB, bila tablet anda tidak punya slot SIM card. Dan yang paling penting, faktor perawatan dan perbaikan Android lebih mudah dan murah daripada Ios. Spare part yang melimpah dan fleksibelitasnya memudahkan anda untuk melakukan perbaikan atau kustomisasi.

Sekarang pilihan ada di tangan (kantong) anda…..🙂 happy shopping

2 thoughts on “Android atau Apple?

  1. hehehe….smartphone makin murah kok Ket. 500rb an sdh bisa dapat android. tp ya itu bisa bikin lalai pekerjaan🙂

  2. kira2 dengan android, saya masih inget pekerjaan rumah tangga ga ya? atau malah lebur dan abai sama sekeliling ya? :D…infonya pas buat saya yg gaptek dan sama sekali bingung bedanya gadget masa kini Ji. thanks ya. betewe..masih blm tertarik nih ganti hape jadul ke ulasan di atas hehehe (alasan=jauuuuh dari anggaran qkqkqkq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s