Cara Unlock modem Bolt E5372s (Device Locked)

gembokSeorang teman datang sambil membawa mifi bolt E5372s nya yang terkunci, di layarnya terbaca Device Locked. “Wah ga bisa dipake nih….udah buatku aja…” begitu candaku hehehe…..Akhirnya deal klo bisa diperbaiki akan ditraktir makan soto Pak Min (tukang servicenya ga ikhlas..)
Ini adalah tantangan dan saya tidak bisa tinggal diam bila ada sesuatu yang menarik untuk dipecahkan. Saya mah orangnya begitu……..

Langkah pertama dalam memecahkan masalah adalah membaca Bismillah dan bertanya pada mbah google….ketikan kata kunci dan Jreeeng…sederet link disediakan oleh si mbah yang baik hati. Setelah dibuka yang kira-kira relevan dan paling mendekati kebenaran….šŸ˜€ tahulah saya bahwa metode yang digunakan oleh para penulis sama. Software-software yang dipake sama dan kemungkinan, banyak yang copas juga…..

Setelah dibaca dan dimengerti saya coba menjalankan apa yang disarankan. Langkah demi

langkah dikerjakan, software pendukung di download dan petunjuk dilaksanakanĀ tapi ……..selalu gagal. Proses sebenarnya sebenarnya berjalan lancar dan 90% berhasil tapi selalu fail dalam finishing. Akhirnya setelah melakukan serangkaian trial and error masalah terpecahkan, DONE….

Berikut saya sharing langkah-langkahnya : Note, saya mempunyai prinsip tidak ada yang baku dalam dunia komputer. Semua bisa dikerjakn dan diselesaikan menurut cara-cara tertentu yang berlainan dengan yang sudah ada.

up

Enter a caption

1.Ambil modem, masuk ke mode “Force Download”. Tekan tombol ‘Power’ dan ‘Menu’ secara bersamaan. Setelah ada tulisan “Force Download” muncul, Ā tekan tombol ‘Menu’ satuĀ kali. Modem harus nampak seperti pada foto disamping.

2.Colok modem ke Komoputer.

3.Buka ‘Device Manager’. Lihat Drop Down menu port COM, perhatikanĀ nomor port modem bolt kamu. Note: Nomor port COM berbeda-beda pada tiap-tiap komputer/laptop.

device

 

com

4. Buka folder tempat kamu mengekstrak file “Huawei Flasher”. Cari dan klik kanan file ‘ports’, klik ‘Edit’. Masukan/ketik no port yang kamu lihat di device manager tadi.click
port

 

5.Buka “Huawei Flasher”. Download disini. Setelah terbuka klik Menu ‘Select Firmware’, kemudian klik ‘Extract from exe’. Download Firmware exe disiniextract-from-exe.jpg

6.Bila langkah yang dijalankan betul maka akanĀ tampil sederet file ‘Bin’ yang akan ditulis kedalam Bolt, hilangkan centang file Bin no. 5. Karena berdasar pengalaman, Bin no 5 ini selalu stuck alias macet bin error. Bila kamu mengalami macet pada Bin no yang lain, coba terus. Bila masih macet juga hilangkan tanda centangnya dan ulangi prosesnya.leave-the-stuck-one

7. Sekarang modem siap di Flash, pencet menu “Flash Modem”, pilih “Resurrect Mode”..Done…modem siap digunakan lagi………….Flasher2.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s