Cara mudah install modem di Linux

Setelah masa pakai Windows 7 RC habis, saya memutuskan tidak lagi memakai produk-produk Microsoft beserta kroni-

linux sabily

linux sabily

kroninya (kecuali kepepet hehehe). Tanpa pikir panjang Saya lalu menimpa partisi Win 7 dengan Linux Sabily yang saya beli di bulan Ramadhan tahun lalu dan seperti biasa, checking kehandalan sistem saya mulai dari kemampuan multimedianya. Tes 1..2..2.Hmm..tak ada masalah. File Mp3, dat, mpeg, apalagi vorbis oog bisa dimainkan dengan baik. Alunan suara merdu dari GENIUS Speaker 2.0 SP-U110 Tes pertama OK nih, soalnya siapa yang sudi laptopnya menjadi bisu? :) Karena kalo tidak salah Ubuntu pernah menarik dukungannya terhadap file Mp3 dan menggantinya dengan Ogg.

Tes kedua saya mencoba menginsatall printer Epson T11. Dengan perasaan H2C (Harap-harap Cemas) saya memulai proses install tersebut dan….hhh..seperti biasa, tak ditemukan driver yang cocok! Selalu begini nih kelemahan Linux susah nyari driver yg kompatibel. Tapi kemudian iseng-iseng saya coba pilih driver t20 dari paket yg ada.Dan setelah menekan tombol “test print”….simsalabim….kertas keluar membawa tulisan dan logo Ubuntu!! Berhasil!! Ternyata untuk memilih driver printer (hardware lain secara umum?) tak perlu persis-persis amat, yang penting mendekati tipe yg kita punya. Itu teori dan kesimpulan saya saja, silakan trial and error sendiri yah.. :)

Test ‘terakhir’, saya ingin memakai Linux secara total. Maka saya lalu berburu mobile modem agar bisa berselancar di dunia maya tanpa tergantung pada windows lagi. Lalu saya bertanya-tanya pada mbah google selama 3 hari berturut turut tapi tak ada jawaban yang cocok (atau sayanya yang ga paham? hahaha,) kembali dengan perasaan kesal dan suntuk saya ngutak-atik, klak-klik sana-sini dan ajaib, ternyata tanpa driver modem VT-12 milik saya bisa connect! Bagaimana bisa? Ya bisa saja. Ternyata kita hanya perlu setting ‘username’ dan ‘password’, itu saja….
Gini Caranya:

1. Liat dulu apakah modem anda dikenali oleh sistem.
ketik ‘lsusb’, lihat apakah modem ada dalam list USB. Pada gambar dibawah modem saya dikenali sebagai “Huawei Technologies Co.,Ltd E620 USB Modem” pada USB no 006.


2. Kalau terdetect klik kanan status bar koneksi pada taskbar bawah sebelah kanan, pilih ‘Edit Connections’


3. Pilih “Mobile Broadband”, lalu klik “Edit”

4. Perhatikan tab “Mobile Broadband”. Anda harus mengisi Number dengan #777 (untuk kartu CDMA seperti fren/mobi, flexi, esia atau starone). Lalu isi username dan password sesuai dengan yang diberikan oleh operator yang anda pakai.5. Sekarang klik kiri status bar. klik nama modem anda tadi untuk connect dan, selamat berselancar!

Buat agan-agan yang pingin berselancar di Linux, boleh di coba Modem-modem berikut :

1.Huawei E173s,  Terdeteksi dengan baik di Linux Mint 13 Maya dan Arch Linux dengan network manager dan wvdial

HUAWEI USB Modem [E173]

2. Huawei E1550, Terdeteksi dengan baik di Linux Mint 13 Maya dan Arch linux dengan network manager dan wvdial

HUAWEI USB Modem [E1550]

3.

About these ads

26 responses to “Cara mudah install modem di Linux

  1. oM2..abang..ntu klo buat Di opensuse gmna yaa instal modem huawai padahal udah ke detek di lsub nya…di desktop jga tampil tpi iconnya doang pas di instal crash..apanya ya …tolong dong dengan sangat….

    • masing2 distro punya setting / aturan yang agak berbeda, tapi pada dasarnya semua Linux sama. OpenSusenya release berapa mas? Coba update atau install release terbaru siapa tahu bisa auto detect.
      Saya baru saja upgrade ke sabily Badr 11.04 (Core Ubuntu). Veri Sabily / Ubuntu terbaru ini memiliki kemajuan yang signifikan dari segi tampilan maupun kemudahan pemakaian. Sangat ‘user friendly’. Modem USB yg dicolok langsung di detect otomatis tanpa proses install apapun! Koneksi USB dari modem Speedy pun langsung di detect otomatis.

      Kalo berminat dengan Linux Sabily Badr 11.04 small ver (939MB) silakan kirim email ke adzie_ren@yahoo.com atau pesan di “Contact Me” beserta nama, alamat dan biaya pengganti DVD + ongkos kirim Rp. 25.000

  2. mas,punya saya yg di ubuntu pake modem huawei kog ndak bisa ya??gimna caranya padahal uda muncul edit conekction itu..
    makasi ya mas.

  3. itu dah saya coba, tapi kenapa keluar permintaan password yah, tapi bukan password root ataupun password dari modem
    saya pakai modem A & t dan linux ubuntu 9.10
    mohon bantuaanya

  4. gqk membantu/………..
    ada saran lain g…..??
    para ahli komputer yg udh master2………
    cara yg peke wvdial ada yg tau g…..??
    modem gua alcatel

  5. gqk membantu/………..
    ada saran lain g…..??
    para ahli komputer yg udh master2………
    cara yg peke wvdial ada yg tau g…..??

  6. Pengen pake Ubuntu 10.04..
    Udah coba install ubuntu 10.04.. OK
    Tp bwt install driver, software lainnya.. ga OK, susah banget, bikin pusiiiiing….

    • aku pake Sabily, tapi corenya pake ubuntu 9.04 jackalope jaunty yg release thn 2009. Aku blm update sistem nih jadi ga tau perubahan2 apa saja yg ada dlm versi 9.10. Tapi coba aja, ikuti langkah2 yang sudah aku pake Insya Allah berhasil. Tak masalah apa modem/operatornya yg penting username dan passwordnya ada dan benar. Tapi jgn lupa sebelumnya di ‘lsusb’ dulu diterminal, cek apakah USB modemnya dikenali atau tidak. selamat mencoba! :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s